Kemenangan Alonso #1 – Hongaria 2003

Fernando Alonso

Fernando Alonso di podium GP Hongaria 2003

Pembalap Renault, Fernando Alonso, menjadi pembalap paling muda F1 yang pernah tampil sebagai juara setelah tampil tercepat dalam Hungaria GP, Minggu 25 Agustus 2003, sementara Michael Schumacher menjadi terpaut hanya satu angka di urutan teratas klasemen.

Dengan sisa pertandingan hanya beberapa kali lagi, tiga pembalap urutan teratas hanya terpaut dua angka, dimana pembalap Ferrari, Schumacher, bertengger dengan nilai 72, pembalap Williams, Juan Pablo Montoya (71) dan pembalap McLaren, Kimi Raikkonen (70).

Dalam balapan di Budapest, Alonso, pembalap berusia 22 tahun dari Spanyol, mendominasi perlombaan sejak dari posisi pole hingga akhir lomba dengan pautan waktu 16,7 detik dengan urutan kedua Raikkonen.

Alonso merupakan pembalap pertama Spanyol yang memenangi perlombaan Formula 1 Grand Prix.

Pembalap asal Kolumbia, Montoya, berada di urutan ketiga, sedangkan sang juara dunia lima kali Schumacher terpuruk tujuh tingat di bawah Alonso sehingga nilainya berbeda hanya satu dengan pembalap di bawahnya, padahal arena itu tempatnya meraih gelar keempat pada 2001.

Ralf Schumacher berada di urutan keempat untuk Williams, setelah berjuang keras menyalib lawannya satu demi satu setelah sebelumnya terperosok ke urutan ke-18 karena mengalami “spin”, sedangkan David Coulthard yang membela panji McLaren berada di urutan kelima.

Pembalap dari Australia, Mark Webber, sempat berada di urutan kedua sampai putaran ke-12, “menahan” kendaraan Alonso yang datang kencang pada lintasan “leher botol” yang mengecil, akhirnya berada di urutan keenam di atas Jaguar.

Pembalap asal Italia, Jarno Trulli, berada di urutan ketujuh untuk Renault. Ban merek Michelin digunakan semua pembalap urutan tujuh besar.

Alonso, berusia 22 tahun pada 29 Juli, menggantikan posisi pembalap Amerika, Troy Ruttman, di buku rekor dunia sebagai pembalap termua yang memenangi perlombaan.

Ruttman memenangi perlombaan pada 1952 di Indianapolis 500 saat ia berusia 22 dan 80 hari, bertepatan dengan dimulainya perlombaan menjadi satu kejuaraan resmi.

Pembalap asal Selandia Baru, Bruce McLaren, sampai Minggu sebagai pembalap termuda dengan memenangi Amerika GP di Sebring pada 1959 di Cooper Climax saat ia berusia 22 tahun 104 hari.

Alonso merupakan pembalap Renault pertama yang tampil sebagai juara dalam sejarah pabrikan itu selama 20 tahun, setelah Alain Prost dari Perancis yang menang di Austria pada 1983.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , , . Tandai permalink.