Ulasan: James Bond 007 – From Russia With Love (1963)

From Russia With Love

From Russia With Love

Setelah sukses memperkenalkan kepada dunia seorang Sean Connery sebagai agen rahasia James Bond 007 di tahun sebelumnya dalam “Dr No”, produsen Albert “Cubby” Broccoli dan Harry Saltzman dengan cepat mengkonsolidasi waralaba media mereka dengan lebih baik untuk membuat sebuah sekuel lanjutan. Mereka lantas memilih sebuah novel Ian Fleming lainnya yang berjudul “From Russia With Love” yang konon disukasi juga oleh Presiden AS saat itu sebelum tewas ditembak di Dallas, John F. Kennedy. Hasil dari pengembangan cerita novel ini adalah sebuah petualangan spionase menegangkan penuh dengan karakter ikonik, yang bersifat satu arah.

Plot cerita mengisahkan seorang mata-mata super yang terkesan ramah namun berbahaya yang diperankan Connery pada pencarian jejak perangkat rahasia Rusia yaitu sebuah dekoder, sebuah pencarian yang kemudian membawanya ke Istanbul dan ke pelukan pembelot glamor Romanova Tatiana (diperankan oleh aktris Italia Daniela Bianchi). Sadar bahwa ada salah satu anak bangsanya yang membelot membela pihak musuh, sebuah skema kemudian dirancang oleh perwakilan KGB yaitu Rosa Klebb (Lotte Lenya) dan Kapten ‘Merah’ Grant (Robert Shaw) untuk membuat sebuah aib bagi British Secret Service dengan rencana membunuh agen yang paling berharga.

Tindakan klimaks dalam konfrontasi tak tertahankan tegang antara 007 dan kapten dari kapal Orient Express, yang menjadi salah satu adegan terbaik dari seluruh seri James Bond. Klebb dan Grant kemudian membuntuti Bond dan selalu berniat buruk dengan melakukan apa saja yang mereka bisa untuk membunuh Bond. Film ini juga kemudian memperkenalkan kepada kita seorang Desmond Llewelyn sebagai Q, yang berhasil menolong Bond melalui beberapa alat canggihnya yang sesekali konyol dan mengundang tawa yang kemudian mendominasi setiap film Bond di era 1970 sampai 1980-an.

Tidak ketinggalan juga kehadiran seorang sosok misterius bernama Nomor 1 yang kemudian kita kenal sebagai Ernst Stavro Blofeld, yang kelak akan menjadi musuh bebuyutan dari James Bond.

Daftar kru yang terlibat:
Sutradara: Terence Young
Penulis naskah skenario: Richard Maibaum, Johanna Harwood
Pemeran: Sean Connery, Daniela Bianchi, Pedro Armendariz, Lotte Lenya, Robert Shaw, Robert Lee, Bernard Lee, Lois Maxwell, Desmond Llewelyn
Tahun rilis: 1963
Durasi: 110 menit
Negara asal: Inggris/Amerika Serikat

Lagu tema pembuka film:

Pos ini dipublikasikan di James Bond, Umum dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.