Ulasan: James Bond 007 – Dr. No (1962)

Dr. No

Poster film Dr. No

Sedikit penonton era saat ini yang tahu awal mula film seri James Bond tahun 1962. Berawal dari sebuah film dengan modal pas-pasan, dan seorang aktor Skotlandia yang tidak dikenal masyarakat luas. Tidak disangka lewat film inilah selama nyaris setengah abad kita mengenalnya sebagai sosok legenda fiksi paling fenomenal: James Bond

Film pertama berjudul “Dr. No” yang dirilis di tahun 1962 dibuka di Jamaika di mana dua Inggris agen Secret Intelligence Service telah dibunuh secara brutal. James Bond, seorang agen khusus, dan memiliki lisensi untuk membunuh, dikirim untuk menyelidiki misteri ini. Berdasarkan pengamatan Bond, semua mengarah kepada seorang ilmuwan misterius bernama Dr. Julius No. Dr. No sendiri hidup di sebuah pulau yang juga misterius, dan siapapun yang berani masuk ke pulau tersebut akan menghadapi… kematian.

Unsur-unsur yang telah menjadi akrab di semua film Bond berikutnya sudah ada. Ada penjahat aneh dan cerdik yang mengancam perdamaian dunia; seks bebas dan sadisme; mabuk-mabukan; lokasi yang eksotis; tuxedo; dan barang-barang canggih yang mustahil untuk kita miliki.

Namun, “Dr. No” sendiri adalah sebuah film yang amat sederhana. Anggaran terbatas mungkin yang membuatnya begini. Bond dipaksa berpikir secara realistis dan membumi ketimbang mengandalkan barang-barang super canggih dan informan yang sama pintarnya.

Sean Connery sampai saat ini bisa dibilang sebagai pemeran James Bond terbaik. Dalam hal penampilan pertamanya ini, ia tampil layaknya sosok Superman yang anti dikalahkan. Ia menampilkan rasa takut, panik, dan jijik. Ia telah memeragakan banyak adegan dalam film Bond seperti diculik, bertindak brutal, dan sesekali terkena malu akibat ulahnya sendiri. Tidak heran sosok Connery inilah yang membuat James Bond lebih hidup. Kehadiran Bernard Lee yang tegas, serta Bond Girl yang diwakili sosok Ursula Andress, membuat Bond dan kita yang menontonnya serasa berlayar di Planet Venus. Oh ya, jangan lupakan juga sosok Miss Moneypenny dari Lois Maxwell.

Sedangkan untuk karakter antagonisnya, kehadiran Joseph Wiseman sebagai Dr. No (awalnya peran ini ditawarkan kepada Noel Coward) membuat cerita semakin menarik. Seorang ilmuwan yang memiliki hubungan dengan NAZI, juga diselimuti tangan palsu yang tertutup sarung tangan, serta pulau kediamannya yang misterius.

“Dr. No” tidak mencapai ketinggian klasik yang cukup tinggi seperti “Goldfinger” dan “You Only Live Twice“, tetapi juga tidak mudah untuk bisa dilupakan para penontonnya sampai saat ini. Awal yang baik dari sebuah karakter film seri yang kelak akan menjadi legenda.

Daftar kru yang terlibat:
Sutradara: Terence Young
Penulis naskah skenario: Richard Maibaum, Johanna Harwood
Pemeran: Sean Connery, Joseph Wiseman, Ursula Andress, Jack Lord, Bernard Lee, Lois Maxwell, Anthony Dawson, John Kitzmiller, Eunice Grayson
Tahun rilis: 1962
Durasi: 110 menit
Negara asal: Inggris/Amerika Serikat

Lagu tema pembuka film:

Pos ini dipublikasikan di James Bond dan tag , , , , , . Tandai permalink.