Top 9 News – Sembilan Acara Terbaik MetroTV

Top 9 News MetroTV

Masih seputar ultah ke-9 MetroTV, saatnya kami tulis Top 9 News – Acara Favorit RF1 yang tayang di MetroTV. Dan kali ini kami akan menampilkannya sesuai urutan dari angka 1 sampai 9 dan bukan sebaliknya, seperti yang sering Anda jumpai di Top 10 RF1.

1. SUARA ANDA:
Kiranya inilah program paling favorit anak-anak Republik F1. Dan kalau boleh kami melebih-lebihi, inilah satu-satunya program acara TV yang masih terjaga keasliannya di dunia televisi Indonesia. The only one, he…he…

Konsepnya sederhana dan menarik, ada 6 berita (dulu sempat sampai 8), dan kita bisa memilih dengan cara menelepon. Walaupun, jujur kami akui sampai saat ini, sangat sulit untuk bisa tembus masuk ke line telepon dari Indra Maulana sebagai presenternya. Acara ini mempunyai dua sesi, yang pertama adalah pilih berita, dan yang kedua adalah dialog interaktif. Uniknya lagi, kita bisa melontarkan pendapat melalui Facebook, Yahoo Messenger, atau Twitter. Dan format ini sekarang banyak ditiru oleh acara-acara dari TV lain.

Suara Anda, Anda lah yang menentukan!

2. METRO SPORT:
Kami membawa nama olahraga, dan kami tentu akan menghargai segala jenis informasi olahraga. Metro Sports masuk ke dalam salah satunya. Luar biasa, berita-berita sports dari Metro Sports termasuk actual dan bisa dipercaya. Salah satunya, yang terus kami ingat sampai saat ini adalah ketika Fernando Alonso pindah dari Renault ke McLaren di akhir 2005.

Kami juga suka melihat penampilan beberapa presenternya yang luar biasa, ada Boy Noya, Aries Fadhillah, Aviani Malik, Hariman Chalid, atau Rini Wulansari. Bahkan dulu juga sempat ada Richard Sam Bera.

Walaupun sekarang ada pesaing serius dari TV sebelah, tetap kami rasa Metro Sports sebagai acara berita olahraga paling seimbang. Kenapa? Sebab yang sebelah kebanyakan membahas acara Liga Inggris dan Liga Spanyol. Memang itulah risiko jika sebuah channel TV berita juga menjadi channel khusus olahraga, mau tidak mau beritanya akan lebih condong ke acara olahraga live yang menjadi andalannya. Metro Sports beda, sebab MetroTV sampai saat ini tidak menyiarkan acara live olahraga.

3. METRO XIN WEN:
Sumpah, awal pertama kali kami melihat acara berita bahasa Mandarin ini di tahun 2001 adalah tertawa sampai sakit perut. Kenapa? Salah satunya adalah kami tidak mengerti, dan keduanya adalah ini adalah pertama dan satu-satunya di Indonesia. Seingat kami, salah satu TV tetangga sempat menayangkan acara berita bahasa Arab beberapa tahun yang lalu, tapi sejak beberapa waktu acara tersebut dihentikan.

Merujuk pada salah satu wawancara bang Andy F. Noya, beliau juga sempat tertawa saat melihat acara berita ini tayang untuk pertama kalinya, karena beliau juga tidak mengerti bahasa Mandarin.

Soal presenter, presenter favorit kami untuk Metro Xin Wen adalah Catherine Keng. Tapi kami juga salut untuk Fiona Yuan, Sumi Yang, Shao Ying, dan Candy Jorian. Salut juga buat MetroTV yang sudah berani membuat acara berita bahasa Mandarin. Dan sampai sekarang, ini acara masih original dan tidak ada TV nasional Indonesia lain yang menirunya.

4. KICK ANDY:
Talkshow menarik, bisa menjadi inspirasi bagi kita, dan juga karena presenternya yang baik hati sekaligus jenaka, Pak Andy F. Noya. Bahkan beliau juga sempat mengadakan beberapa acara off air Kick Andy di beberapa daerah, termasuk juga di Bandung, kota markas kami di RF1.

Memang dari acara ini, kita bisa memahami hal-hal tertentu. Kita boleh saja sombong jika kita mampu, tetapi jauh diluar sana, ternyata masih banyak orang yang kurang beruntung, dan sepatutnyalah kita bangga pada apa yang telah kita raih saat ini. Tapi tentu saja acara ini tidak melulu menayangkan hal seperti diatas. Kisah sukses juga ada, bagaimana caranya seorang tukang jamu bisa menyekolahkan anaknya sampai ke Jepang, dan beragam kisah nyata, seperti mas Pepeng yang berjuang agar bisa belajar dan kuliah S3 walaupun dengan kondisi sakit. Sekali lagi salut buat pak Andy F. Noya dan kru kreatif Kick Andy, atas ide bagusnya untuk acara ini.

5. HEALTHY LIFE:
Pagi-pagi jam delapan, dan Anda ada di rumah. Tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak menyaksikan acara ini, yang dipandu oleh Soraya Haque dan jagoan masak sekaligus master fitness Edwin. Isi acara ini cukup menarik, ada dialog interaktifnya untuk kesehatan kita, dan di bagian akhir ada demo memasak, yang dipandu oleh Edwin.

Satu jam Anda nonton ini, dijamin tidak rugi. Banyak informasi yang bisa Anda peroleh seputar bagaimana cara merawat tubuh Anda dengan baik. Para presenternya jempolan, tidak membuat acara talkshow ini jadi kaku. Narasumber yang datang pun cukup berkompeten, terbukti dengan tips-tipsnya yang kalau Anda coba praktikan, pasti tok-cer.

6. MARIO TEGUH GOLDEN WAYS:
Sejujurnya kami termasuk jarang menonton acara ini, terutama kalau berbenturan dengan live race Formula 1 dan MotoGP. Namun bila ada waktu kosong, kami sering menonton acara ini daripada sinetron sampah di beberapa stasiun TV yang lain.

Mario Teguh bisa membawa motivasi dan semangat baru bagi Anda. Satu jam Anda menonton ini, Anda akan mendapat semacam pencerahan, baik tentang hidup Anda, karir Anda, atau usaha Anda dalam perjuangan perjalanan hidup. Dan tentu saja semua ini gratis, sebab kalau Anda ikut pencerahan ini di hotel atau dimana saja, Anda mungkin harus mengeluarkan dana sampai ratusan ribu rupiah untuk dua atau tiga jam seminar pencerahan. Makanya manfaatkanlah dengan baik.

7. METRO REALITAS:
Masih menjadi kesukaan kami sekalipun presenter jagoannya telah menyebrang ke TV sebelah. Karena penggantinya ternyata juga cukup sepadan, Eva Julianti. Acara investigasi mendalam ini mampu mengorek suatu fakta dari balik realita yang ada. Salah satu episode yang paling kami sukai adalah ketika episode IPDN dua tahun yang lalu. Juga episode illegal logging Sumatera, dan tentang susuk.

Jika di TV tetangga ada yang bilang dikupas setajam silet, maka kalau untuk Metro Realitas kami berani menyebutnya sebagai mengupas secara teliti seperti mata elang.

8. SPIRIT FOOTBALL:
Salah satu yang membuat kami menyukai Spirit Football ketimbang acara highlights sepakbola di TV lain adalah, Spirit Football tayangnya siang hari, beda dengan yang lain, yang kebanyakkan malam hari karena sponsornya adalah pabrik rokok. Selain itu, nyaris semua liga Eropa terkupas dalam acara ini. Satu hal yang tidak ada dalam acara serupa di TV lain, yang kebanyakkan condong ke salah satu liga tertentu (ya iyalah, karena kontrak!).

Presenternya yang segar (seperti Lucia Saharui, Hariman Chalid, atau Aviani Malik) plus music latar yang enak didengar (biasanya lagu “Jump” dari Van Halen atau “Smooth Criminal” dari Michael Jackson) juga membuat kami makin semangat menonton acara ini. Metro memang terbilang bagus dalam menyiarkan highlights bola, dimana bola dunia dan bola Indonesia dipisah jadi dua acara yang berbeda, dan kemudian langkah ini ditiru oleh beberapa stasiun TV yang lain.

9. METRO 10:
Inspirasi bagi kami dalam menyusun daftar Top 10 ala Republik F1. Ada kemungkinan acara ini juga meniru format The Ultimate 10 milik Discovery Channel, yang juga sempat tayang di layar MetroTV.

Metro 10 menyajikan 10 hal apa saja yang unik dan menarik, dan membuat kita tertarik baik untuk mencoba, memahami, atau mengunjungi. 10 suara terbanyak yang ada dalam daftar Metro 10 merupakan hasil dari telepoling di kota-kota besar: Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar. Serupa dengan daftar Top 10 kami yang juga dilontarkan oleh sedikitnya setengah dari member RF1 yang jumlahnya 60 orang. Yang pasti, kami memang selalu tertarik untuk melihat dan mempelajari setiap daftar Top 10 apapun. Dan salah satu usulan kami untuk Metro 10 adalah, kalau bisa kapan-kapan Metro 10 juga memuat daftar 10 pembalap F1 terbaik, dan 10 pembalap MotoGP terbaik.

Yah, itulah Top 9 News – Acara Favorit Member RF1 di Layar MetroTV. Sembilan tahun bersama, MetroTV telah memberikan kita beragam tayangan bagus, memberikan kita inspirasi dan pencerahan. Memberikan kita pengetahuan lewat beberapa acara documenter lepasnya, dan tentu saja tayangan berita utamanya yang sangat bagus. Selamat ulang tahun untuk MetroTV. Makin jaya selalu Sang Elang Biru ku!

Pos ini dipublikasikan di Berita, Umum dan tag , , . Tandai permalink.