Top 10: Sirkuit Balap di Dunia

Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia

Setiap balapan di gelar di sebuah sirkuit pasti akan mendatangkan keajaiban bagi yang menontonnya langsung dari sirkuit. Sirkuit merupakan sebuah gelanggang yang digunakan khusus untuk olahraga otomotif. Sirkuit-sirkuit bersejarah biasanya memberikan sensasi dan kegembiraan berlebih bagi pembalap dan juga fans, sementara beberapa sirkuit modern ada yang kena kritik dan kontroversi karena dinilai monoton atau jelek.

Di dunia ini ada banyak sekali sirkuit balapan yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing sirkuit tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang khusus mobil formula, ada yang khusus untuk balapan oval, ada juga yang khusus balapan motor. Berikut ini kami ketengahkan 10 sirkuit menarik di dunia yang sampai saat ini masih tetap eksis dan memberikan sensasi berlebih bagi siapapun yang berkesempatan mengunjunginya.

1. SPA-FRANCORCHAMPS (SPA, BELGIA):
Sirkuit ini banyak disebut pembalap sebagai salah satu sirkuit paling menantang dari semua sirkuit balap F1 yang pernah ada. Bagi para fans, sirkuit ini juga menjadi sirkuit paling populer karena lokasinya yang berada di tengah hutan pedalaman. Panjang sirkuit ini aslinya mencapai 14km, namun dikarenakan faktor keamanan, maka sirkuit kemudian dipangkas panjangnya menjadi hanya 7 km. Michael Schumacher menjadi pembalap yang paling sering menang di Spa dengan total kemenangan 6 kali sepanjang karirnya.

Selain dipakai balapan F1, sirkuit ini juga dipakai untuk balapan ketahanan Spa 24 Hours dan balapan DTM. Tikungan yang paling terkenal dari sirkuit ini adalah Eau Rouge yang menanjak.

Sirkuit Monte Carlo, Monako

2. MONTE CARLO (MONAKO):
Sirkuit ini berada di jalanan kota Monte Carlo dan La Condamine di sekitar pelabuhan Monaco. Sirkuit ini lebih melekat ke nama “Monte Carlo” karena sebagian besar sirkuit berada di wilayah Monte Carlo, ibukota Monaco. Sirkuit ini digunakan dalam satu minggu setiap bulan Mei tiap tahun sebagai tuan rumah Formula 1. Balapan yang menjadi pendukung Formula 1, GP2 series juga mengikuti balapan di waktu yang sama.

Ide balapan Formula 1 di jalanan Monaco berasal dari Anthony Noghes, presiden dari klub mobil Monegasque dan teman dekat dari keluarga berkuasa Grimaldi. Balapan perdana diadakan pada tahun 1929 dan dimenangkan oleh William Grover-Williams yang mengendarai Bugatti. Sampai saat ini, Ayrton Senna menjadi pembalap yang paling sering memenangi balapan di Monako dengan raihan 6 kali kemenangan.

3. LE MANS CIRCUIT (LE MANS, PERANCIS):
Circuit de la Sarthe atau dikenal juga dengan nama Sirkuit Le Mans, merupakan sebuah sirkuit yang terletak di yang terletak di dekat Le Mans, Perancis. Sirkuit ini terkenal sebagai salah satu sirkuit terpanjang di dunia dengan total panjang 13,629 km. Sirkuit ini merupakan salah satu sirkuit legendaris karena setiap tahunnya selalu diadakan balap ketahanan 24 Hours of Le Mans.

Selain dipakai balapan Le Mans, bagian sirkuit yang mini, atau dikenal dengan nama Sirkuit Bugatti sering dipakai sebagai tempat penyelenggaraan balapan MotoGP dan sempat pula menjadi tuan rumah balap F1 Grand Prix Perancis.

Batu bata khas sirkuit Indianapolis

4. INDIANAPOLIS MOTOR SPEEDWAY (INDIANAPOLIS, AS):
Sirkuit ini termasuk sirkuit serba guna yang bisa digunakan di balapan oval atau di balapan road racing. Salah satu sirkuit tertua dalam sejarah balapan dunia yang dibangun sejak tahun 1909. Bagian terkenal dari sirkuit ini adalah hamparan batu bata rapi yang berada di garis start. Selain itu pengunjung sirkuit ini juga dapat menikmati panorama lapangan golf di dekat sirkuit dan museum balapan.

Sirkuit ini merupakan tuan rumah dari balapan terkenal Indianapolis 500, selain itu sempat juga digunakan sebagai tuan rumah GP F1 dari 2000 sampai 2007 dan sejak 2008 dipakai pula untuk balapan MotoGP. Balapan lain yang diadakan di sirkuit ini adalah NASCAR Brickyard 400 yang diadakan di akhir bulan Juli.

5. NURBURGRING (NURBURG, JERMAN):
Sirkuit yang Anda biasa lihat saat ini di media massa merupakan bentuk mini dari sirkuit aslinya yang memiliki panjang 22 km dan 176 tikungan. Sirkuit ini memiliki ciri khas yaitu sebuah kastil tua yang berada tepat di dalam sirkuit ini . Sirkuit ini sendiri memiliki empat konfigurasi terpisah, yaitu Sirkuit Gesamtstrecke (“Whole Course”) yang memiliki panjang 28.265 km (17.563 mil), Nordschleife (“Northern Loop”) dengan panjang 22.810 km (14.173 mil), sirkuit Südschleife (“Southern Loop”) dengan panjang 7.747 km (4.814 mil), dan Zielschleife (“Finish Loop”) dengan panjang 2.281 km (1.417 mil).

Autodromo Monza, Italia

6. AUTODROMO MONZA (MILANO, ITALIA):
Sirkuit ini terletak di Monza, di pinggiran kota Milan, Italia. Sirkuit ini memiliki panjang 5.793 km. Dipakai untuk balapan Formula Satu, GP2, 1000km Monza, Superbike, Formula 3, dan World Touring Car Championship. Sirkuit ini pertama kali dibuka tahun 1922. Sirkuit ini lebih sering dipakai untuk balap mobil Formula 1, kecuali 1980 saat sirkuit ini direnovasi.

Selain dipakai untuk balapan F1, sirkuit ini juga pernah digunakan untuk balapan MotoGP dan kini menjadi tuan rumah tetap balapan WSBK. Sirkuit ini terkenal sebagai sirkuit cepat dan selama balapan (apapun jenisnya) berlangsung, pembalap bisa menekan pedal gasnya secara penuh. Karena kecepatan inilah juga beberapa pembalap menemui ajal di sirkuit ini, salah satunya Count Wolfgang von Trips pada 1961 yang juga membawa korban penonton biasa sebanyak 14 orang.

7. SILVERSTONE (NORTHAMPTONSHIRE, UK):
Sirkuit ini merupakan saksi bisu lahirnya balapan Formula 1 pada tahun 1950. Dalam ajang F1, sirkuit ini memberikan Michael Schumacher kenangan buruk saat ia mengalami kecelakaan di sirkuit ini pada Juli 1999 yang berlanjut dengan cedera patah kaki.

Sirkuit ini dibuka tahun 1948 dengan kondisi awal saat itu sebagai bekas lapangan terbang militer kerajaan Britania Raya. Sejak saat itu berbagai macam renovasi mulai dilakukan agar sirkuit tidak terlalu terlihat seperti lapangan terbang, dan renovasi terakhir dilakukan di musim 2010 seiring berbagai macam balapan yang singgah di sirkuit ini selain F1 seperti: MotoGP, dan Superleague Formula.

Tikungan Cockscrew di Laguna Seca

8. LAGUNA SECA MADZA RACEWAY (CALIFORNIA, AS):
Berada di luar mainland AS, sirkuit ini bisa disebut sebagai sirkuit terkenal di Amerika Utara. Menjadi tuan rumah bagi kontes adu balap seperti MotoGP, WSB, dan AMA racing. Laguna Seca didominasi oleh liukan legendarisnya, Corkscrew corner, turunan spiral menurun yang menyulitkan setiap kamera TV yang konon merupakan kebalikan dari Eau Rogue di Spa Belgia. Ruas lap hairpin Andretti di Laguna Seca menjadi rintangan unik bagi para pembalap. Sirkuit sepanjang 2.238 mil ini memiliki 11 tikungan dan terletak di bagian taman hutan di California, AS.

Balapan lain yang diadakan di Laguna Seca selain balap motor adalah balapan IndyCar. Pada awal 1990-an, sempat ada ide untuk memindahkan GP F1 AS ke sirkuit ini. Tetapi karena dinilai terlalu pendek dan sempit, akhirnya ide tersebut dibatalkan.

9. ISLE OF MAN CIRCUIT (ISLE OF MAN, UK):
The Isle of Man adalah sebuah pulau unik yang terletak antara Inggris dan Irlandia yangmemiliki parlemen sendiri, hukum dan sistem pajak. Setelah krisis finansial dunia, pulau ini kebanyakan dihuni oleh para bankir dan pembalap mobil dan motor. Kini yang kerap tinggal disana hanya para pembalap saja.

Sirkuit balap TT Course pertama kali dibuka pada tahun 1907, dan balapan masih dilakukan hingga saat ini namun dengan rute ruas jalan tertutup. Ini belum seluruh ruas jalanan lembah pedesaan, ruas jalan yang bergelombang dan tekstur yang indah, membuat pulau ini sebagai surga bagi para biker tergila sekalipun yang ingin bebas ngebut bebas polisi. Sirkuit modern TT Course sepanjang 37,5 mil, plus 200 tikungan siap untuk dilahap oleh siapapun. Namun kecepatan dan kebebasan ngebut tersebut sering kali membawa korban jiwa. Tercatat sampai saat ini sudah 237 pembalap tewas ketika mereka mengikuti balapan motor di “sirkuit” ini.

Rolex 24 at Daytona

10. DAYTONA INTERNATIONAL SPEEDWAY (FLORIDA, AS):
Sirkuit ini merupakan sebuah sirkuit balap yang terletak di Daytona Beach, Florida, Amerika Serikat. Pertama kali dibuka pada 1959, sirkuit ini telah menjadi sirkuit klasik dalam balapan NASCAR melalui event Daytona 500. Sirkuit ini memiliki tiga konfigurasi: 2.5 mil (4.0 km) yang berbentuk tri-oval, 3.56 mil (5.73 km) yang biasa dipakai untuk balap mobil Formula, dan 2.95 mil (4.75 km) sirkuit khusus motor. Di sirkuit ini pula pembalap Dale Earnhardt Senior tewas pada tahun 2001 saat ia mengalami kecelakaan di lap terakhir lomba. Pembalap Richard Petty tercatat sebagai pembalap yang paling sering menang di sirkuit ini dengan total 7 kali kemenangan.

Selain dipakai sebagai balapan NASCAR, sirkuit ini juga dipakai sebagai tuan rumah balapan Rolex 24 at Daytona, sebuah balapan legendaris yang menjadi salah satu daya tarik bagi pembalap-pembalap Eropa untuk mengenal sisi lain balapan di AS.

Tulisan ini dipublikasikan di Formula 1, MotoGP, Motorsport, Umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.